Berwisata Murah ke Lombok bagi Backpacker


Berwisata Murah ke Lombok bagi Backpacker Dewasa ini sedang tren acara berlibur di kalangan para pelancong Indonesia dan turis mancanegara selain ke pulau Dewata, mereka ternyata senang juga berlibur atau berwisata murah ke Lombok bagi backpacker merupakan hiburan menarik yang patut diperhatikan.

Pulau Lombok merupakan salah satu ikon wisata Indonesia yang keindahan alam dan ragam budayanya persis menyerupai keindahan pulau Bali. Dari keramahan masyarakat suku Sasak, keindahan pantai yang terkenal dengan pasir putih, terumbu karang dan kekayaan hayati, berlatarbelakang kemegahan gunung Rinjani serta keunikan budaya Sasak, telah banyak menarik minat dan mengundang decak kagum para wisatawan dalam dan luar negeri. Lombok memang banyak mempunyai objek wisata yang patut untuk direkomendasikan buat anda kunjungi disamping letaknya tidak terlalu jauh dengan Bali. Bagi anda yang merasa bosan mengelilingi beberapa kawasan wisata di pulau Dewata, tujuan berlibur selanjutnya dapat ditetapkan menuju ke Lombok, namun sebelumnya anda perlu memperhatikan 8 tips berwisata ke Lombok supaya acara liburan anda berakhir menyenangkan, seperti diulas di bawah ini :

1). Jika anda berasal dari luar Lombok khususnya pulau Jawa, anda harus benar - benar mempersiapkan budget yang cukup atau lebih untuk dapat menuju ke tempat wisata di Lombok. Jika anda berasal dari Jakarta, misalkan, perjalanan menuju Lombok akan memakan waktu lebih lama dan biaya transportasi yang dikeluarkan pastinya lebih mahal seperti biaya akomodasi dan biaya masuk ke tempat tempat wisata yang pupuler.

2). Jika ingin menekan biaya berlibur anda menjadi murah, seorang backpacker sejati yang berasal dari kota Jakarta, misalkan, harus benar benar mempersiapkan perbekalan lainnya yang cukup, khususnya dalam hal makanan dan minuman, karena perjalanan yang akan anda tempuh adalah cukup panjang dan lama. Bekal makanan dan minuman dibutuhkan ketika anda merasa kelaparan saat malam tiba dimana tidak ada penjual makanan yang buka. Manfaatkan transportasi darat sehingga bisa menekan pengeluaran untuk biaya pesawat, contohnya anda dapat memakai jasa kereta api menuju Banyuwangi.

3). Alternatif perjalanan murah lainnya adalah naik kereta api kelas ekonomi. Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Surabaya, turun di stasiun Gubeng Surabaya. Dari stasiun Gubeng perjalanan dilanjutkan naik kereta api menuju Banyuwangi dan turun di stasiun Banyuwangi.

Dari stasiun anda berjalan menuju ke pelabuhan Ketapang. Disela waktu luang dapat anda isi dengan beristirahat sejenak sambil mencari warung makan untuk mengisi perut yang sedang lapar, karena perjalanan anda masih panjang. Selanjutnya dari pelabuhan Ketapang anda harus menyeberang menuju ke pelabuhan Gilimanuk Bali dengan menyewa kapal feri. Tiba di pelabuhan Gilimanuk, anda dapat naik bus yang menuju ke pelabuhan Padang Bai, karena perjalanan selanjutnya adalah menuju ke pelabuhan Padang Bai. Perjalanan ini menempuh waktu sekitar 6 jam. Dari pelabuhan Padang Bai, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menuju Lombok yang memakan waktu sekitar 4 jam.

4). Setelah sampai di pelabuhan Lombok, sebaiknya anda langsung mencari tempat penginapan seperti hotel, villa maupun resort yang banyak betebaran di kota. Pilih hotel murah dengan kondisi nyaman dan aman.

5). Selama berlibur di kota Mataram, berkeliling beberapa objek wisata yang terdapat disana sebaiknya menggunakan sepeda motor karena lebih murah apabila anda bandingkan dengan menyewa mobil, tetapi jika berlibur bersama satu grup seperti keluarga besar dan rombongan teman teman, mobil adalah sarana yang paling tepat untuk dipakai jalan jalan mengunjungi tempat tempat yang menarik selama anda berada di pulau Lombok.

6). Tentukan beberapa lokasi wisata yang akan anda kunjungi sehingga anda dapat merinci biaya biaya yang akan dikeluarkan dengan cermat. Atau mintalah petunjuk dan saran dari teman atau keluarga yang kebetulan ada di kota Mataram sebagai tur guide anda selama berlibur disini sehingga liburan anda dapat berjalan lancar dengan dana yang sudah disediakan sebelumnya.

7). Disarankan untuk mengadakan perjalanan berlibur ke pulau Lombok bukan bertepatan dengan musim liburan tiba atau akhir pekan yang pada umumnya kawasan wisata dimana saja akan selalu dibanjiri oleh para pelancong sehingga menyebabkan fasilitas yang tersedia seperti transportasi, penginapan, makanan dan minuman menjadi mahal, juga suasana berlibur di kawasan wisata menjadi tidak begitu menyenangkan karena terlalu ramai dikunjungi oleh pelancong.

8). Jangan lupa bawalah perlengkapan berlibur seperlunya saja sehingga perjalanan jauh dengan memakai transportasi umum menjadi aman dan nyaman bagi anda untuk bergerak cepat tanpa terbebani oleh perlengkapan berlibur yang tidak perlu. Sebuah spontanitas terkadang sangat dibutuhkan ketika anda sedang merencanakan sebuah liburan yang seru. Namun apabila anda hanya mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk liburan tersebut, sebaiknya persiapkan semua rencana perjalanan atau itinerary yang akan anda lewatkan secara matang selama akan dan sedang di pulau Lombok seperti tersebut di atas.